Tips Restoran dan Bisnis Makanan Tetap Eksis di 2021

Tahun 2020 menyebabkan banyak gangguan bagi usaha kecil, termasuk restoran dan bisnis makanan. Banyak dari bisnis ini terpaksa berhenti menawarkan makan di rumah dan beralih ke model pesan antar. Bahkan saat pembatasan dicabut, restoran di banyak lokasi hanya diizinkan untuk mengisi dengan kapasitas 50% atau kurang.

Kesulitan seperti ini mungkin akan membuat restoran atau bisnis makananmu perlu memikirkan langkah-langkah tepat agar tetap eksis di tahun 2021. Jangan bingung, beberapa tips penting yang kamu butuhkan sudah kami rangkum!

Tetap jalin komunikasi 

Sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan setiamu tahu bahwa restoran atau bisnis makananmu masih buka. Beri juga update mengenai perkembangan atau perubahan yang mungkin restoran atau bisnis makananmu lakukan.

Terkait kondisi pandemi COVID-19 yang secara bergantian mengizinkan dan melarang makan di dalam dan luar ruangan, jangan ragu untuk menginformasikan pelanggan. Kamu bisa membuat postingan pesan di media sosial dan situs web untuk membahas kebijakan terbaru.

Mengirimkan pesan melalui email dan pesan singkat jika kamu memiliki informasi kontak pelanggan juga direkomendasikan. Berkomunikasi dengan pelanggan tidak hanya membuat mereka tetap terinformasi, tapi juga berfungsi untuk mengingatkan mereka untuk mengunjungi atau memesan makanan dari restoran atau bisnis makananmu.

Berikan penawaran menarik

Banyaknya restoran dan bisnis makanan di luar sana membuatmu perlu berpikir tentang bagaimana caranya agar bisnismu dilirik. Salah satu cara mudah untuk mendapat perhatian pelanggan adalah dengan memberikan penawaran menarik.

Kamu bisa menawarkan kupon atau penawaran khusus berupa diskon yang memberi orang alasan tambahan untuk memesan makanan darimu. Kegiatan seperti ini juga memberimu alasan untuk menghubungi pelanggan dan menjalin komunikasi agar bisnismu tidak dilupakan. Informasi tentang diskon tersebut bisa kamu umumkan  melalui situs web atau media sosial.

Tekankan kebijakan keselamatan dan sanitasi 

Semua orang ingin mendapat kepastian bahwa mereka memesan makanan yang bersih dan aman, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang. Itulah mengapa restoran atau bisnis makananmu perlu menekankan bahwa kamu memberlakukan kebijakan keselamatan dan sanitasi yang diperlukan selama pandemi.

Meyakinkan pelanggan bahwa bisnismu mengambil langkah-langkah untuk menjaga semua orang tetap aman dan sehat adalah langkah tepat agar bisnis tetap eksis di tahun 2021. Google Think menunjukkan bahwa penelusuran untuk “is food delivery safe” telah naik 650% sejak Maret 2020.

Mulai truk makanan

Meskipun kebanyakan restoran bisa mengganti fokusnya ke pickup and delivery atau layanan pesan antar, jika kamu merasa kesulitan untuk berfungsi dan tetap buka selama new normal yang menantang ini, kamu juga bisa mempertimbangkan perubahan yang lebih drastis. Bahkan jika kamu tidak melayani pengunjung di restoran, kamu tetap harus membayar biaya operasional untuk tetap buka. 

Salah satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan adalah membuka truk makanan. Sebagai alternatif lain dari restoran tradisional, truk makanan modern jauh lebih maju daripada gerobak hot dog gaya lama. Jenis bisnis ini juga memungkinkan kamu memasak makanan lengkap.

Truk makanan dapat melengkapi restoran, terutama selama waktu makan di dalam ruangan terbatas atau dilarang. Jika kamu sudah memiliki pelanggan, truk makanan yang kamu buat dapat memiliki basis pelanggan bawaan. Pastikan untuk memeriksa hukum dan peraturan setempat sebelum memulai bisnis ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *