Strategi Pemasaran Restoran di Instagram

strategi pemasaran restoran

Strategi pemasaran restoran di Instagram penting untuk kamu pelajari. Di dunia di mana 69% dari kita memotret makanan sebelum memakannya, Instagram adalah tempat bagi restoran, kafe, dan penjual makanan untuk mengembangkan merek dan menarik pelanggan.

Instagram menjadi lebih berharga untuk pemasaran restoran daripada kebanyakan website. Sekarang orang-orang menemukan tempat baru untuk makan lewat aplikasi, dan memutuskan apakah mereka ingin pergi ke sana berdasarkan feed Instagram restoran.

Cukup Googling untuk menemukan daftar ‘restoran paling Instagrammable’ di sebuah kota. Pengguna yang mencari tempat ini untuk memposting di Instagram secara alami menjadi duta merek untuk restoran. Ini merupakan keajaiban Instagram untuk pemasaran restoran.

Membangun restoran agar menjadi ‘Instagrammable’ itu penting. Namun, di sisi lain kamu juga harus mengembangkan banyak strategi pemasaran restoran di Instagram untuk meningkatkan jangkauan dan menarik pelanggan baru.

Buat hashtag restoran

Simpan hashtag di bio Instagram untuk memberi tahu pelanggan hashtag apa yang bisa digunakan saat mereka memposting foto Instagram saat mengunjungi restoranmu. Ini akan membantumu melacak konten yang dibuat oleh pengguna.

Memanfaatkan konten buatan pengguna sangat penting dalam strategi pemasaran restoran di Instagram. Mem-posting ulang foto pelanggan adalah strategi pemasaran restoran utama di Instagram karena sejumlah alasan:

  • Menunjukkan kepada pengunjung profil Instagam restoranmu pengalaman bersantap yang asli
  • Membantu membangun komunitas
  • Meningkatkan engagement (keterlibatan)

Alasan lain untuk mendorong dan memposting konten ini adalah menghemat waktu yang akan kan habiskan untuk membuat konten sendiri. Jika kamu bisa memanfaatkan konten yang dibuat pelanggan, kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk berfokus pada area lain dari pemasaran restoranmu.

Gunakan social media holidays

Strategi pemasaran restoran yang bagus adalah merencanakan kampanye seputar social media holidays (liburan media sosial). Kamu mungkin sering melihat konten di Instagram tentang peringatan hari makanan dan minuman seperti #NationalProseccoDay dan #WorldVeganDay.

Membuat konten untuk event ini akan meningkatkan jangkauan (karena hashtag akan menjadi trending) dan bagus jika kamu kehabisan ide.

Palet warna feed harus konsisten

Bisa warna dinding, permukaan meja, atau berbagai hidangan cerah. Apapun yang kamu pilih sebagai fokus konten utama, coba dan pertahankan palet warna yang konsisten.

Pemasaran restoran di Instagram sepenuhnya bersifat visual. Feed yang kohesif bisa membuat orang mengklik tombol follow, atau mengabaikan keberadaan Instagram milikmu sepenuhnya.

Konten yang terlihat acak dan tidak konsisten akan membuat halaman Instagram restoranmu terlihat berantakan dan secara umum kurang estetis. Hal penting dengan pemasaran restoran di Instagram adalah mem-posting dengan mempertimbangkan feed secara keseluruhan daripada posting individual. Feed yang cantik akan membantumu membuat profil yang menonjol.

Buat story highlights

Hal penting lain untuk strategi pemasaran restoran di Instagram adalah story highlights. Saat seseorang mengunjungi profil, kamu ingin memberi mereka sebanyak mungkin hal untuk dilihat dan dipelajari tentang restoranmu sebelum mereka pergi ke tempat lain.

Story highlights pada dasarnya bertindak sebagai menu di profil Instagram yang dapat navigasi oleh pengguna seperti website. Baik itu menu yang dikelompokkan ke dalam kategori, spesial mingguan, profil tim, atau foto favorit pelanggan, pikirkan tentang apa yang ingin kamu sampaikan tentang restoran di bagian atas profil untuk membuat pengunjung ingin mengikuti akun Instagram-mu.

Kerja sama dengan influencer

Makanan adalah industri yang sangat populer di Instagram. Ada ribuan influencer berbagi rekomendasi restoran, resep, dan konten luar biasa. Influencer biasanya memiliki audiens yang besar, itulah mengapa bekerja sama dengan mereka adalah cara yang bagus sebagai taktik pemasaran restoran dalam menjangkau calon pelanggan baru.

Ada banyak cara untuk berkolaborasi dengan influencer tergantung pada anggaran dan tujuanmu. Beberapa mikro influencer mungkin bersedia membuat konten tentang restoranmu sebagai imbalan atas makanan gratis yang kamu kirimkan.

Jadi, strategi pemasaran restoran di Instagram mana yang mau kamu coba?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *