Memulai Bisnis Makanan, Daftar Hal yang Perlu Diketahui

Memulai Bisnis Makanan

Memulai bisnis makanan mungkin bukan hal sederhana. Banyak hal yang perlu kamu ketahui dan siapkan dengan teliti. Untuk membantumu memulai dengan tepat, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan!

Buat rencana bisnis

Langkah pertama dan terpenting untuk memulai bisnis makanan adalah menulis rencana bisnis. Rencana bisnis makanan yang kamu siapkan harus mencakup beberapa hal sebagai berikut:

Buat rencana bisnis/ Foto: Shutterstock
  1. Jenis entitas bisnis. Apakah kamu pemilik perseorangan? Kemitraan umum? Atau mungkin Perseroan Terbatas (LLC)?
  2. Konsep bisnis makanan. Apakah bisnis makananmu berupa restoran cepat saji? Restoran berlayanan lengkap? Atau truk makanan?
  3. Pemasaran, logo, dan nama bisnis. Kamu harus menentukan bagaimana kamu akan membuat merek yang digunakan pelanggan untuk mengenali produk.
  4. Pasar sasaran. Berdasarkan konsep dan penetapan harga, pelanggan seperti apa yang akan tertarik pada bisnismu?
  5. Pilih lokasi yang ideal. Jika kamu belum memiliki lokasi untuk bisnis makanan, lingkungan mana yang memberikan peluang terbaik untuk pangsa pasar yang berkelanjutan? Persaingan seperti apa yang akan kamu hadapi di area tertentu?
  6. Anggaran. Untuk pengeluaran seperti persediaan (makanan dan minuman), tenaga kerja, sewa, dan utilitas.
  7. Menu dan kisaran harga. Hidangan, minuman, atau makanan apa yang akan kamu sajikan dan dengan harga berapa akan menguntungkan?
  8. Rencana kepegawaian. Berapa banyak karyawan yang akan kamu pekerjakan untuk memulai, dan bagaimana mereka akan dipecah menjadi manajemen, front-of-house, dan back-of-house?

Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri untuk membuat rencana bisnis. Detail pasti dari rencana bisnismu akan bergantung pada jenis bisnis makanan yang ingin kamu buka.

Beli peralatan yang dibutuhkan

Beli peralatan yang dibutuhkan/ Foto: Shutterstock

Peralatan restoran kemungkinan besar akan menjadi salah satu biaya awal terbesar saat memulai bisnis makanan. Kamu perlu membeli atau menyewa segala sesuatu, mulai dari oven hingga sendok garpu. Berikut ini beberapa item yang kamu perlukan:

  1. Peralatan dapur. Di antaranya seperti oven, kompor, pemanggang, penggorengan, dan microwave.
  2. Peralatan penyimpanan dingin. Di antaranya seperti mesin es dan walk-in freezer serta lemari es.
  3. Peralatan kecil. Di antaranya seperti wajan, panci saus dengan tutup dan loyang.
  4. Perlengkapan dapur. Di antaranya seperti penjepit, centong, dan set pisau yang bagus.
  5. Peralatan perak. Untuk bagian depan restoran bersama dengan serbet, taplak meja, dan alas piring.
  6. Perabotan. Di antaranya seperti meja, kursi, stand host, dan dekorasi, dll.

Bentuk tim

Bentuk tim/ Foto: Shutterstock

Setiap konsep bisnis makanan memiliki pertimbangan tenaga kerja dan staf yang berbeda. Misalnya, jika kamu berencana memulai truk makanan, mungkin kamu hanya perlu satu atau dua orang untuk membantumu.

Sementara itu, restoran dengan layanan lengkap akan membutuhkan beberapa pelayan, ditambah staf dapur lengkap, penyambut para tamu, dan pekerja yang khusus untuk membersihkan.

Berikut daftar singkat jenis karyawan yang mungkin perlu kamu pekerjakan, bergantung pada jenis bisnis makanan yang kamu mulai:

  • Toko roti: Kasir, pembuat roti, barista, staf dapur.
  • Kafe: Kasir, barista.
  • Truk Makanan: Kasir, juru masak.
  • Juice Bar: Kasir.
  • Toko Es Krim: Kasir, sendok es krim.
  • Restoran Layanan Lengkap: Tuan rumah, pelayan, bussers, bartender, barback, mesin pencuci piring, juru masak persiapan, juru masak lini, manajer.

Daftar hal yang perlu kamu ketahui dan siapkan dalam memulai bisnis makanan akan bergantung pada konsep, ukuran, dan menu yang kamu tawarkan, tapi setidaknya daftar ini akan memberimu gambaran tentang apa yang harus difokuskan dan di mana harus memulai. Dengan perencanaan cerdas dan alat yang tepat, kamu akan memiliki apa yang dibutuhkan untuk sukses. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *