Cara Mudah Melakukan Promosi Bisnis Restoran

Jika impianmu untuk membuka bisnis restoran sudah tercapai, selamat! Tapi pastinya, apa yang perlu kamu lakukan setelah membuka bisnis adalah yang paling penting.

Hanya karena kamu membuka bisnis restoran yang kamu pikir sangat bagus, tidak menjadi pasti pelanggan akan berdatangan. Kamu membutuhkan banyak cara untuk menarik lebih banyak orang untuk datang, termasuk melakukan promosi. 

Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba!

Buat website

Website/ Foto: Pexels

Jika restoran adalah tubuh manusia, maka website adalah jantungnya. Membuat website sangat krusial karena kebanyakan orang-orang saat ini melakukan pemesanan secara online. Kamu membutuhkan website yang menarik, mudah dinavigasi, dan mobile-friendly.

Update menu secara teratur

Makanan/ Foto: Pexels

Salah satu cara mempertahankan ketertarikan pelanggan adalah dengan secara teratur melakukan update terhadap menu. Jika kamu hanya menawarkan menu yang sama untuk waktu yang lama, pelanggan mungkin bosan sehingga kamu membutuhkan penyegaran dengan tampilan dan nuansa yang diperbarui. Kamu bisa mengumumkan update tersebut lewat akun email atau akun sosial media yang kamu punya.

Buat program loyalitas pelanggan

Program Loyalitas/ Foto: Shutterstock

Jika kamu belum punya program loyalitas, sekaranglah waktunya untuk memulai. Tentukan berapa banyak poin yang akan diperoleh pelanggan per rupiah yang dibelanjakan. Tawarkan juga berbagai penawaran hadiah menarik, seperti item gratis, diskon, atau promo khusus.

Munculkan ide baru

Ide Baru/ Foto: Pexels

Kamu bersaing dengan banyak restoran lain. Agar restoran yang kamu jalankan tidak tertinggal, kamu membutuhkan ide baru yang kreatif untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Cobalah dengan memikirkan produk atau layanan unik apa yang kira-kira bisa kamu tawarkan. Pertimbangkan juga promosi khusus yang dapat menarik minat pelanggan. Selain memikirkan ide sendiri, kamu juga bisa membantu bantuan orang yang bekerja denganmu.

Perkuat sosial media

Sosial Media/ Foto: Pexels

Memperkuat sosial media akan sangat berpengaruh terhadap banyaknya orang yang tertarik untuk makan di restoranmu. Pastikan kamu memiliki akun Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mempromosikan bisnis restoran dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Gunakan platform ini untuk menyebarkan berita tentang makanan spesial, item makanan baru, berita terbaru dan ulasan positif terhadap restoranmu. Tentu saja, tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi dengan pelanggan setia.

Adakan kontes dan game

Menang/ Foto: Pexels

Melibatkan pelanggan dengan mengadakan kontes atau game berguna untuk meningkatkan engagement. Adakan saja kontes atau game sederhana, misalnya membantu memberi nama item menu baru, kontes mem-posting foto saat berada di restoranmu, dan sebagainya untuk memenangkan hadiah makan gratis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *