Cara Mudah Buat Burger yang Lebih Menyehatkan

Burger yang diisi dengan saus khusus dan lapisan keju di antara roti raksasa bukanlah model makanan yang sehat dan bergizi, terutama jika berasal dari rantai makanan cepat saji. Namun, burger tidak harus sepenuhnya dilarang saat kamu mencoba makan dengan “benar”. 

Faktanya, ketika diolah ke dalam makanan yang sehat dan bervariasi, penelitian menunjukkan daging merah dapat menjadi sumber protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting seperti zat besi, seng, dan vitamin B12. Ayam dan kalkun juga dapat menjadi sumber protein yang sangat mudah dicerna, mengandung vitamin B, zat besi, dan seng.

Simak cara membuat burger bikinan sendiri jadi lebih enak dan menyehatkan dengan cara di bawah ini!

Potong daging

Memotong Daging/ Foto: Shutterstock

Burger buatan sendiri adalah peluang bagus untuk memasukkan banyak sayuran, meskipun kamu tidak ingin membuat burger vegetarian. Jamur, sayuran, dan bawang cincang, atau wortel dan zucchini menawarkan rasa yang enak dan membuat burger lebih juicy

Kamu juga bisa memasukkan biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang hitam, lentil, quinoa, atau nasi. Tambahkan bahan-bahan ini ke dalam adonan daging mentah yang sudah dipotong sebelum membentuk patty, lalu masak seperti biasa.

Tambahkan bumbu

Bumbu/ Foto: Shutterstock

Bumbu dan herba tidak hanya menambah banyak rasa pada burger, tapi juga mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol. Oregano, thyme, sage, rosemary, dan saffron memiliki kadar tertinggi, terutama dalam bentuk keringnya.

Tambahkan sedikit bumbu kering ini ke dalam campuran daging atau sayuran sebelum memasak roti. Kemudian, sebelum menyajikan hidangan, tambahkan bumbu segar atau cincang di atas burger sebelum makan untuk menambah sedikit bumbu.

Pastikan ukurannya pas

Burger Ukuran Sehat/ Foto: Shutterstock

Pernahkah kamu memesan burger di restoran yang ukurannya hampir sebesar wajah? Kamu mungkin merasa tertantang untuk menghabiskannya, tapi akhirnya kamu akan kekenyangan dan burger seperti itu juga tidak menyehatkan. Saat kamu membuat burger di rumah, kamu bebas mengontrol ukuran patty lebih normal dan sehat. 

Pilih topping dengan bijak

Burger dengan Guacamole/ Foto: Shutterstock

Lapisan tebal taburan garam, gula, dan lemak adalah cara tercepat untuk menyabotase burger yang sehat. Ganti saus tomat manis dengan salsa, atau coba buat saus tomat sendiri. Jika ingin sedikit krim, pilih guacamole daripada mayo. Lebih baik kamu menambahkan topping sayuran segar atau panggan, seperti tomat, paprika, bawang merah, sayuran, dan jamur. Rasanya dijamin enak.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *