4 Cara Bikin Minum Kopi Menyehatkan

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak ahli kesehatan percaya kopi merupakan salah satu minuman paling sehat. Bagi sebagian orang, ini adalah sumber antioksidan terbesar yang didapat dari makanan, mengungguli kombinasi buah dan sayuran.

Meskipun umumnya aman dikonsumsi, kopi yang mengandung kafein dapat menyebabkan insomnia, perasaan gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, peningkatan detak jantung dan pernapasan, serta efek samping lainnya. Mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur.

Agar bisa menjadikan kopi sebagai minuman sehat, ada beberapa cara yang perlu kamu terapkan. Berikut informasinya!

Jangan konsumsi di atas jam 2 siang

Kafein alami yang terkandung dalam kopi adalah stimulan yang menjadi salah satu alasan utama mengapa kopi sangat populer. Efek stimulan dari kopi memberi sentakan energi dan membantu tetap terjaga ketika merasa lelah. Namun, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi kopi di sore hari karena bisa mengganggu tidur.

Jika harus, coba konsumsi kopi tanpa kafein atau secangkir teh yang mengandung kafein jauh lebih sedikit daripada kopi. Tidak minum kopi di sore hari adalah langkah yang bagus. Meskipun memang tidak semua orang sama sensitifnya terhadap kafein, dan beberapa orang mungkin tidur nyenyak meskipun minum kopi di sore hari.

Jangan tambahkan banyak gula

Kopi memang umumnya tidak aman untuk dikonsumsi, namun beda cerita jika kamu menambahkan banyak gula di dalamnya. Mengubah kopi menjadi suguhan manis adalah kebiasaan yang sangat mungkin menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi secara keseluruhan. Jika kamu harus minum kopi dengan rasa manis, gunakan pemanis alami yang aman dikonsumsi.

Minum secukupnya

Sementara menikmati kopi dalam jumlah sedang itu sehat, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan. Minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan efek samping yang merugikan, meskipun efek samping ini tergantung pada jumlah kafein yang dikonsumsi dan toleransi masing-masing individu. Disarankan kamu tidak minum lebih dari dua cangkir kopi per hari.

Pilih kualitas brand

Jika kamu khawatir mengonsumsi kopi yang mengandung kontaminasi pestisida, usahakan untuk pilih brand organik yang berkualitas. Kopi organik mengandung jumlah pestisida sintetis yang jauh lebih rendah. Biasanya brand seperti ini menjual produk kopi dengan harga yang lumayan tinggi, namun tidak masalah jika lebih baik untuk kesehatan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *